My (Started) Gap Year With Zenius


(Note: This is not sponsored post,if you dont like it,please skip,thanks)


Sebelumnya,aku udah post tulisan tentang Zenius Zenius: A Wonderful Learning Journey. Terserah kalian mau baca atau nggak. Kalau mau lebih relate, mending baca sih (maksa:p)

Ya, mungkin diantara kalian udah ada yang tau apa itu Zenius. Ada juga yang belum tau. Aku kasih bocoran dikit nih..

                                            
                                                        
                                               

Jadi, Zenius adalah salah satu bimbel online di Indonesia. Berdiri sejak tanggal 7 Juli 2007 (BTW,tanggal lahir  aku 21 Juli), Zenius menyediakan akses ke 74.000 video pembelajaran dan 3400 latihan soal dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA, melalui wwbsite zenius.net. Selain itu, ada juga pembahasan soal USBN & UNBK, dan ujian masuk Universitas (SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, USM STAN, dll).

Latihan soalnya, bisa kamu download dengan mudah dan gratis. Beberapa videonya pun bisa kamu tonton secara cuma-cuma. Nah, di zenius itu ada 3 kategori pengguna.

Yang pertama, guest. Guest ini bisa nonton beberapa video secara gratis sebagai permulaan.

Yang kedua, regular member. Caranya gampang, kamu tinggal daftar pake akun email kamu, dan voila! Kamu bisa nonton lebih banyak daripada guest tadi.

Nih, aku punya tabel perbandingannya
                                        
                                                                                                     (Sumber gambar:Zenius Blog)
       
Dan yang terakhir, ada premium member. Untuk yang ini,kamu harus beli voucher dulu.Voucher ada yang untuk 1 bulan,3 bulan,6 bulan,9 bulan,dan 12 bulan.Harganya? Tenang...gak akan nguras kantong kok.Coba deh,kalian googling dan bikin perbandingan harga zenius dengan bimbel yang lain,baik offline maupun online.Kalian akan menemukan,bahwa zenius itu harganya udah yang paling murah.Dengan harga segitu,kalian dapet ilmu yang berharga,dan perubahan pola pikir.Mantep,kan?

Jangan contoh aku.Sekarang,aku nyesel,kenapa gak dari dulu aku gunain zenius.Kalau dulu aku mau berjuang lebih keras lagi,buat ngeraih mimpiku,mungkin ceritanya kini beda.Tapi,yang namanya jalan hidup tiap orang beda-beda,kan ya? Dan,yang udah terjadi,biarin aja berlalu.Sekarang,kita fokus ke depan... (Eeaa..)

Akhirnya,teman-teman....sekian lama aku menunggu(jeng jeng jeng)... :D Sekian lama aku ngegebet zenius,tanggal 21 kemarin,aku resmi jadian.Yups,akhirnya aku jadi premium member! Anggota Zenius club juga....

Kalian penasaran,gimana ceritaku? Cekidott!!                                                                                                                                                  
                                                                    @    @    @

Semua dimulai saat aku memutuskan untuk gap year setahun ini.Pastinya,di awal-awal gap year banyak banget godaan dan rintangannya.Hal-hal yang terkadang menggoyahkan kita,dan membuat kita mempertanyakan kembali keputusan kita.

Aku pun begitu,Bamyak temen-temenku yamg udah kuliah,baik di negeri maupun swasta.Dan kebanyakan pake beasiswa.Sebagian di antara mereka,ada yang udah kerja.Sebagian lagi,jadi reseller/dropshipper.

Aku iri sama mereka.Irinya tuh,karena mereka punya inisiative for doing something.Sementara aku,gak punya plannning sama sekali mau ngapain.Oke,aku mau SBMPTN tahun depan.Aku pengen lolos di jurusan yang aku mau,di salah satu PTN Favorit.Oleh karena itu,aku setahun ini mau belajar dengan sungguh-sungguh.

Tapi,impian tinggal impian.Bikin study plan aja udah kayak bikin rancangan undang-undang.Lama.Aku bertanya pada diriku sendiri,apakah aku beneran mau kuliah? Kuliah itu buat apa? Kok belum mulai-mulai belajarnya? Kok bijin study plan aja susah? Gimana nanti belajarnya?

Aku mempertanyakan semua hal itu.

Di satu sisi,aku tentunya gak mau diem aja di rumah,gak ngehasilin apa-apa.Malu lah.Minimal,mandiri secara finansial,buat nutupin kebutuhan pribadi.Tapi gimana caranya?
Aku mulai mempertimbangkan berbagai pilihan.Salah satunya jadi reseller.But,i dont have skill for be marketer.Aku juga bukan tipe social media person yang banyak medsos dan banyak friendlist-nya.(WA aja aku ikut sama kakak,LOL) Lagipula,di kontak WA,udah penuh yang jualan.Dan jualannnya,mirip-mirip.Hm..aku udah nyerah duluan...

Suatu hari,aku liat temenku posting buku dari giveaway seorang penulis.Ah ya! Aku kan suka nulis,kenapa enggak aku gunain hobby ku itu,untik ngehasilin sesuatu? Kayak,temen-temenku yang hobby dagang,dan mereka dapet penghasilan dari hobby mereka.

Dan kebetulan,aku baca artikel lomba blog zenius 'belajar berkelanjutan bareng zenius',dan hadiahnya sesuatu yang sangat aku suka,yaitu buku! Seperti yang aku bilang,aku orangnya panasan,gampang iri kalau orang lain dapet sesuatu atai berhasil dalam suatu bidang.Aku terus mikir,'Kalau orang lain bisa,aku juga pasti bisa!'

                                                  

Berbekal modal nekad dan konsep artikel yang masih 'mentah',aku pum mulai menulis,terhitung sejak tanggal 12 Juli.Aku pikir bakal beres,paling lambat dalam tempo seminggu.Ternyata sampai hari H(deadline)nya,aku belum beres! Aku harus riset dulu,baca-baca artikel pemenang tahun lalu,nulis kerangka,nulus benerannya,sampai mindahon tulisan dari buku ke ms word lalu ke blog.Karena aku tipe orang yang lebih nyaman coret² dan nulis di buku gitu...Gak bisa langsung di HP.

Pas tanggal 22 Juli atau deadline itu,aku sempet nyerah sih.. 'Aduh keburu gak ya...','Ah,gak jadi ikutan deh...' Tapi,di satu sisi,aku kasih afirmasi terus menerus ke diriku.Soalnya ini udah setengah jalan.Sayang,kalau gak jadi.

Batas submit artikel nya kan jam 24.00,aku pun ngebut dan akhirnya beres sekitar jam 23.00.Publish.Eh,pas aku cek lagi,gambarnya pada ngilang (:D) Stres deh udah,waktu itu.Mungkin,pas nyimpen gambar,error blognya.Gak kesimpen deh.Padahal,aku udah pratinjau berkali-kali.Aku bingung.Ini udah mepet waktunya.Sementara,gambar juga penting,karena pendukung dan penjelas isi artikel.

Aku pun buru-buru ngedit,trus perbarui.Ngedit,perbarui.Ngedit,perbarui.Gitu terus,sampe aku sadar udah jam 23,50 dan aku belum submit artikelnya.Ya udah,walaupun masih berantakan,aku submit deh,dan itu baru beres 23.58,2 menit sebelim deadline!

                                                      

Aku pasrah.Banget.Takut formnya gak keterima lah,takut salah nge-copy URL blog,salah isi data lain.Pokoknya negatif terus pikirannnya.Gak apa-apa deh,gak menang juga asal artikel ku dibaca sama tim zenius.Aku cuma mau sharing ceritaku tentang zenius,tekadku.Kalaupun aku gak menang,aku bisa baca artikel pemenangnya,dan belajar bikin artikel dari sana.Hingga akhirnya,hari pengumuman pemenang pun tiba...

1 Agustus 2018,Dini hari.
Jam 03.20,aku bangun.kakak ngasih tau ada WA yang masuk.Siapa sih? Ternyata setelah aku cek,WA dari kak Fanny Rofalina.Dia ngasih tau kalau aku termasuk salah satu pemenang lomba blog zenius! kak fanny juga minta foto aku sebagai kredibilitas individu peserta lomba. (Ampun,aku nyusahin banget ya!) Iya,aku emang gak jadiin fotoku sebagai foto profil medsos(males :p)

                                                         


Responku,ketika dikasih tau sebagai salah satu pemenang,udah kayak orang gila.Aku ketawa-ketawa,dan senyum-senyum sendiri.Aku bener-bener gak nyangka.Mungkin menurut kalian aku lebay,atau gimana.Tapi beneran,kemenangan-kemenangan kecil ini berarti besar buatku.Dan aku semakin percaya,gak ada perjuangan yang sia-sia.Aku inget malemnya,aku ngomong gini ke kakak,"Kak,do'ain ya supaya menang lomba blog nya.." Dan Tuhan pun mengabulakan do'a dan harapanku serta orang-orang disekelilingku.

Aku bales lah lah WA dari Kak Fanny itu,dan kufikir,ya udah sebatas gitu aja.Ternyata enggak.Tutor-tutor Zenius itu ternyata peduli sama murid-muridnya.Mereka profesional,tapi di satu sisi, mereka ngerangkul,ngasih semangat,dan berusaha 'selangkah lebih dekat' dengan user-user Zenius.Dan hal itu semakin terbukti,dengan Kak Fanny bilang mau ngasih Zenius Xpedia untukku,agar mempersiapkan gap year ini dengan sebaik-sebaiknya.

                                                       

Aku baca WA itu.Lama.aku kehabisan kata-kata.Aku nangis saking terharunya.Ya ampun,Kak Fanny baik banget.Padahal,aku siapa? Kita belum pernah ketemu sebelumnya.Cuma lewat artikel ku yang mostly banyak kekurangan itu,kita kenalan.

Apalagi saat aku baca artikel kak Fanny,Kompilasi Pemenang lomba blog,dan baca artikel pemenang yang lain.Sumpah ya,kualitas tulisanku jauh di bawah mereka.Dari segi konten,gambar,penceritaan,sampe kehidupan mereka pun jauh lebih baik dari aku.

Ada yang lagi kuliah psikologi,dan proposal skripsinya tentang Zenius lah,ada yang lolos FKUI karena Zenius,sampe ada yang pengen jadi 'manusia imajiner' karena haus akan ilmu pengetahuan,gara-gara Zenius.

Rasa bangga campur jadi malu.Karena ceritaku gak ada apa-apanya dibanding cerita yang mereka punya.Malu karena ngeliat segala usaha dan sepak terjang mereka,udah keras banget,buat ngegapai cita-cita mereka.Mereka udah jadi premium member ,dan beli Zenius Xpedia.Bahkan,ada yang memperpanjang voucher zeniusnya setahun buat memperdalam ilmu tentang soshumnya,meski dia udah keterima kuliah.Keren banget,kan?

Sementara aku,banyak excuse banget buat jadi premium member.Padahal,manfaat dari ilmu yang aku terima,kalau aku jadi premium member itu buat diri aku sendiri.Untungnya buat aku.

Makanya,waktu Kak Fanny bilang,mau ngasih Zenius Xpedia,aku bingung mau jawab apa.Aku ngerasa gak pantes dapet semua ini,dengan kerja keras ku yang cuma 'secuil'itu.Anugrah ini terlalu gede buat aku yang pemalas,gak proaktif,dan bukan penggerak perubahan.Tapi,semua orang begitu baik.Tuhan begitu baik.Hingga akhirnya keinginanku kesampaian...

Dan yang aku highlight dari kisahku ini,yaitu Kebaikan seperti mata rantai.Maksudku,bila kita berbuat kebaikan,maka kita akan mendapatkan balasan.Bukan maksud riya atau apa,sebelum kak fanny bilang mau ngasih xpedia untukku,aku ngasih buku Detik-detik UN SMA ke adik kelasku,karena mereka minta.Awalnya,aku mau gunain buku itu buat latihan soal,sebagai permulaan belajar SBMPTN.Tapi kemudian aku mikir,gak apa-apa deh,nanti aku beli buku SBMPTN langsung.

Ternyata,Tuhan malah membalas dengan hal yang jauh lebih baik.Alhamdulillah... :-)

16 Agustus 2018,Siang hari.
Setelah hari demi hari berlalu,aku dapet WA lagi dari Kak Fanny.Dia mau konfirmasi alamatku buat pengiriman paketnya.Kekhawatiranku salah ngisi data buat form artikel,ternyata terbukti! Aku salah ngetik nama desa! Untung,kak Fanny konfirmasi lagi,kalau enggak,gak tahu deh... (Lain kali,aku mau lebih taktis dan fokus kalau ngerjain sesuatu.Gak mau ceroboh lagi!)

20 Agustus 2018,Siang hari.
Siang itu,aku dapet telfon dari nomer yang gak dikenal.Pas dijawab,ternyata dari JNE.Dia nanyain letak rumahku dimana.Aku jelasin.Dan ternyata,petugas JNE nya udah deket.Aku tunggu di jalan.

Gak nyampe semenit,ada mas-mas naik motor bawa barang gitu,dia nanya "Rani,ya?" Aku jawab,iya.Dan dia ngasih bingkisan itu.
Karena saking senengnya,dapet paket itu,aku sampe lupa ngucapin terima kasih kayaknya.(Makasih ya mas JNE... :-))
                                                                                                                          
                                             
       
Aku bawa paket itu ke rumah.Orang-orang rumah pada nanya itu isinya apaan.Agak susah jelasinnya.Aku jawab,ini paket buku sama cd buat belajar.Aku cepet-cepet ngabarin Kak Fanny,kalau paketnya udah nyampe.Tapi,aku gak buru-buru buka paketnya,karena aku ada tugas dulu,dan aku mau nunggu waktu luang gitu.(So Sibuk,ya?! :D)

Karena aku,bikin video unboxing (buku) +Zenius Xpedia......Yee.... (Biar ala-ala :D)

                                           

Ya,malam itu setelah nerima paket,aku langsung unboxing sambil bikin video buat disertakan bareng artikel ini.BTW,aku udah pernah bikin video trus ngedit sendiri.Tapi,ngedit video yang ini lama...Mungkin karena lebih complicated ya.Jadi maaf,baru bisa post hari ini.Maaf juga,kalau kualitas videonya jelek...Aku mah apa atuh...  :D

Back To Topic.Besoknya,sekitar jam tiga pagi,aku bangun.Karena paket internet malam aku masih banyak,aku manfaatin deh.Rencananya aku mau aktivasi voucher Zenius.net sama voucher zenius clubku.Dan,berhasil! (Asiknya,video zenius itu gak makan kuota banyak.So,irit banget...  :D

Nah,aku ngikutin saran Bang Sabda,yaitu belajarnya dimulai dari Zenius learning sama Basic Skill dulu.Intuk Zenius Learning,aku udah nonton sebagian.Sedangkan,yang basic skill,aku belum tahu sama sekali.Akhirnya,aku fokusin ke sana.Tapi,berhubung waktu internet malam itu limited banget,jadinya aku baru nonton beberapa video.

Tapi,meskipun baru nonton sedikit video,tapi aku udah mulai ngerasain tuh serunya belajar itu kayak gimana.Konsep-konsepnya mindblow,menarik,apalagi ditambah suara Bang Sabda yang kece parah.Cara belajar di Zenius itu beda banget sama cara belajar di sekolah.Lebih,find the root of problem.Itu kalau yang aku rasain.

Makanya,aku mau ngucapin terima kasih yang sebanyak-banyaknya,specially buat Kak Fanny,yang udah ngasih support dan kepercayaan ke aku dengan ngasih Zenius Xpedia.Mungkin buat orang lain,ini biasa aja.Tapi buat aku,ini berarti besar banget.

Gak berlebihan rasanya,kalau aku menyebut Lomba blog Zenius ini sebagai salah satu point of return/starting point di hidupku.Apa alasannya?

1) Back To Spirit.
Aku diawal udah bilang kan,setelah lulus SMA,teman-temanku udah punya banyak pencapaian dan kegiatan.Sementara aku,masih diem aja di rumah.Gap year ini ibaratnya merupakan titik terendah dalam hidupku.Aku sakit,gagal kuliah,gak bisa kerja kayak orang lain,pokoknya banyak pressure yang orang lain dan lingkungan kasih ke aku.Low motivated banget,lah.

Aku sangat bersyukur dan sangat bahagia bisa ikut lomba blog ini,dan akhirnya jadi salah satu pemenangnya.Lomba blog ini seakan memberi aku suntikan semangat lagi.Meningkatkan kepercayaan diriku yang sempat rendah banget.Dan membuat aku percaya bahwa harapan itu selalu ada,selagi kita berusaha sekuat tenaga,dengan diiringi do'a pada yang Kuasa.

Lomba blog ini memberikan aku motivasi untuk aktif menulis lagi.Selain punya project pribadi,searang,aku juga sedang mencoba aktif menulis di salah satu platform media sosial lain,bernama plukme.


                                       


Dan juga berusaha mengurus blog ini.Nah,udah post ini,aku udah nulis satu post lagi,dan insya Allah akan diposting dalam waktu dekat.Jadi,tunggu aja ya...  :-)

Jadi,menang di Lomba Blog Zenius ini udah Hadiah paling indah di awal Gap Year ku.

2)Pembuktian!
Aku suka nulis sejak kecil.Sama seperti kebanyakan orang,terutama cewek,aku nulis di diary dulu.Sebelum ada diary,udah lumayan sering nulis sih,di buku tulis yang kosong.Nulis yang kebanyakan random,kayak bikin puisi,cerita,komik absurd,quote alay,dan lain-lain.

Makin nambah umur,makin diseriusin deh nulisnya.Di mulai,sejak dipercaya sama guru SD buat ikutan lomba cerpen tingkat kecamatan buat ngewakilin sekolah,dan jadi juara dua.Jadi makin semangat buat nulis.Di tambah,karena suka banyak baca buku cerita dan novel,terbesit keinginan buat berkarya kayak penulis-penulis itu.Pengen gitu,suatu hari bisa nerbitin buku seperti mereka.

Cuma karena waktu itu,ide buat bikin bukunya belum ada,jadi aku fokus nulisnya biat yang lain dulu.Kayak ngisi mading,ikut excul jurnalistik,dan ikut lomba-lomba lagi.Dan,Alhamdulillah,pas kelas 10 SMA kemarin,aku juara 2 lagi.Kali ini,bidang cipta puisi tingkat Kabupaten Tasikmalaya.(Aku sempet heran,kok juara dua terus ya.... Nggak apa-apa deh,yang penting menang kan,daripada gak sama sekali,hehe)

Ketika akhirnya ide itu ada,masalah lain pun muncul.Keluarga(ayah sama kakak ipar)nyuruh aku fokus belajar,jangan ngurusin hal lain.Dengan kata lain,mereka ngelarang aku buat nulis.Kalau aku pegang buku,bukunya harus buku pelajaran atau berhubungan sama sekolah.Jangan novel.Dan frekuensi aku pegang buku(membaca)juga harus dikontrol,jangan terlalu sering.Ya,aku paham kok,kenapa mereka begitu.Karena,itu semua untuk kebaikan aku juga.Tapi,tetep aja,dibatesin bahkan dilarang ngelakuin hal yang kita suka itu rasanya sakit banget.

Aku bahkan sempet nangis,pas dilarang jangan nulis dan jangan beli buku cerita/novel/buku nonfiksi lagi.Saat itu,aku harus ngubur cita-citaku buat jadi penulis.Tapi,Alhamdulillah makin ke sini,mereka makin lentur dan mulai ngebiarin aku nekunin hobby ini lagi,dengan syarat harus bisa ngatur waktu dan jangan lupain kewajiban.

Nah,ketika aku menang lomba blog zenius,ini jadi semacam pembuktian pada diriku sendiri dan juga keluarga.Kalau menulis itu menghasilkan.Apalagi di Zaman literasi sekarang,kemampuan menulis itu semakin dihargai dan mempunyai tempat.

Penghasilan dari menulis itu maksudku,bukan cuma uang.Tapi,ada yang jauh lebih penting dari itu.Yakni,ketajaman batin kita terasah,pengetahuan kita lebih luas,dan kita diharuskan untuk berfikir kritis dan melihat fakta sebagai sesuatu yang saling berhubungan satu sama lain.

Seperti yang aku bilang juga,kalau salah satu motivasi aku ikut lomba blog Zenius adalah karena hadiah bukunya yang keren.Tapi aku juga berusaha agar gak terlalu obsesed dengan hal itu.Apa yang aku tuliskan,apa yang aku ceritakan,murni karena aku ingin berbagi pengalaman,pikiran,dan perasaanku.'Hadiah itu cuma bonus,Ran... Ayo bikin artikel yang jujur,dan menarik...'.Itu yang selalu aku bilang ke diriku sendiri.

Finally,ketika tujuan utamanya yaitu sharing,udah kesampain,lega dan senengnya luar biasa.Dan ketika dapet bonus? Tambah seneng dan bersyukur pastinya.Apalagi,saat mendapat sesuatu yang gak pernah terlintas sedikit pun di benakku sebelumnya,yaitu dapet zenius xpedia!

Sstt...tau gak apa yang paling aku tunggu-tunggu saat paket itu dikirim? Buku sama xpedianya jelas ditunggu banget.Tapi,ada loh selain itu.Apa?? Tanda tangan dan pesan para tutor Zenius lah.... :-) :D Ngefans ke artis mah udah biasa,ini ngefans ke Tutor??... Tau gak,rasanya saat orang-orang yang kita kagumi,yang cuma bisa kita denger,atau stalking di medsosnya(ketauan nih.... :p),ngasih tanda tangan dan pesen,buat kita?? Udah gak bisa digambarin sama kata-kata deh...


                                                  
                               
                                               

                                               


BTW,Apakah aku udah baca bukunya selama beberapa hari ini? Kabar baiknya,yang problem solving 101 udah beres aku baca,dan udah coba aku praktekin buat problem solving di kehidupanku.

Kenapa bisa gampang banget nyelesainnya? Mungkin karena bahasa inggrisnya lebih ringan,full color,dan ada gambar-gambarnya juga.(Yaiyalah,kan pada awalnya buku ini,didesain buat anak-anak di Jepang :-)).Kabar buruknya,kebalikan dari buku problem solving,buku before you know it,lebih 'tinggi'dan lebih rumit bahasa inggrisnya.Selain itu,topiknya juga lebih berat karena berdasarkan riset/peelitian ilmiah tentang perilaku serta otak manusia.Aku baru baca 12 halaman sejauh ini.Namun,aku udah menemukan fakta-fakta menakjubkan soal otak manusia,pembagian waktu,juga penuturan tentang unconscious mind alias pikiran bawah sadar.

2 buku ini beda sendiri di antara buku-buku ku yang lain,yang kebanyakan novel romance :-).Jadi pelengkap koleksi gitu.


                                       


Kalau difikir-fikir,kenapa ya 2 buku ini hard cover dan ditambah 'jaket',gak seperti buku yang lain? Atau,buku di luar negri emang gini ya? Berpengaruh sama harga bukunya pasti tuh...

Oh ya,ngomong-ngomong soal harga,selain terkejut karena kandungan ilmu yang ada di buku-buku itu,aku juga terkejut sama harga bukunya....Aku gak bisa nyebut harga pasti persatuannya berapa,silahkan kalian googling sendiri,tapi yang jelas dua buku ini harganya hampir sama dengan satu xpedia..(Kalau gak salah ya...)

Nah lo,aku udah dapet 2 buku,ditambah dapet xpedia juga.Dua-duanya gak beli,alias gratis.

Nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?...  ;-(


3)Prepare for A War.
Target aku tahun depan salah satunya dan paling utamanya adalah lolos di salah satu PTN.Atau bisa kuliah lah,aku gak ngotot banget harus di PTN A atau PTN B.Di mana aja,yang penting di jurusan yang aku mau dan bisa cari ilmu.Namun,itu gak lantas membuat aku harus nyerah atau ogah-ogahan belajarnya.Tetep,selagi ada kesempatan,aku harus berjuang sekuat tenaga.

Dan ternyata,punya niat dan tekad yang kuat itu gak cukup! Kita harus punya yang namanya toll(alat),atau modal.Untuk bisa lolos SBMPTN,tentunya kita harus belajar dong...Nah,alat disini adalah berupa strategi belajar,gaya belajar,dan tentunya media pembelajaran,YANG TEPAT/BENER.Kalau pas sekolah,ada guru kan yang bantu kita buat ngerti sama pelajaran.Kalau pas gap year gimana? Kita yang harus jadi guru buat diri kita sendiri.Ya,sumber belajarnya bisa macem-macem.Bisa dari buku teks,Internet,dan lain-lain.

Kalau yang aku liat atau baca-baca dari pengalaman orang lain yang gap year buat kuliah,rata-rata mereka ikut bimbel.Baik online maupun offline.Ada juga dua-duanya.Tapi,berhubung budget terbatas,aku gak bisa nih ikut bimbel yang notabene jutaan itu.Lagipula,aku udah cocok dan nyaman sama Zenius.Dan,Alhamdulillah,jalan buat aku belajar itu seperti dimudahkan sama Allah,dengan adanya zenius xpedia ini.

Dan fakta menarik sekaligus bikin bangganya,kalau aku baca dan nonton pengalaman orang lain gap year,mereka semua merekomendasikan pembaca maupun viewersnya untuk pake Zenius! Meskipun mereka bimbel juga di tempat lain,tapi dampak dari belajar pake Zenius itu bener-bener ngaruh ke mereka.Contohnya,seperti Kak Ros Maria ini.

                             

Dan bukan cuma punya 'alat' berupa sumber belajar dari zenius aja,berkat lomba blog itu,aku juga jadi punya pedoman gimana caranya problem solving yang baik,membangun habit yang baik dengan buku practical book dan insight book itu.

Dengan punya 'alat'nya ditangan,udah gak ada alasan lagi buat aku procrastinate dan gak memulai perjuangan.Karena,waktu yang kita punya bukan lah satu tahun ke depan,tapi HARI INI,DETIK INI! Untuk apa menunggu esok,SEKARANG juga adalah waktu!
                                                                    @    @    @

Ketika kalian sudah baca sampai bagian ini,dan udah tahu panjang lebar ceritaku,mungkin kalian bertanya-tanya untuk apa aku menulis post ini.

Yang pertama,Sebagai Ucapan Terima Kasihku sama Kak Fanny dan Zenius.Mereka udah kasih aku banyak ilmu dan perubahan pola fikirku menjadi lebih kritis dan terbuka.Ditambah lagi buku dan zenius xpedia,yang insya Allah bakal aku manfaatin dengan sebaik-baiknya.Sekali lagi,makasih banyak Kak Fanny dan Zenius..

Yang kedua,sebagai salah satu feedback dan rasa tanggung jawabku sebagai zenius user.(Ini murni dari diriku sendiri loh ya...)Ya,meskipun impact dari post ini kecil banget bahkan gak ada sama sekali,minimal aku lega udah menunaikan 'tugasku'.

Yang ketiga,sebagai sarana berbagi cerita.Nah,ini alasan utama dan alasan paling penting aku ngepost ini,yaitu aku ingin berbagi semua kisahku,dan apa yang ada di fikiran serta dalam perasaanku.Sama halnya kenapa aku menulis artikel untuk lomba blog kemarin.Kalau kalian ada yang udah tau dan punya pengalaman yang jauh luar biasa daripada ceritaku,cerita ini mungkin bisa menambah perspektif dan cerita kalian tentang Zenius.Dan,buat yang belum tau tentang Zenius,semoga kalian bisa mulai menimbang-menimbang dan memikirkan lagi mana yang terbaik untuk kalian.Melalui artikelku yang sangat sederhana dan banyak kurangnya ini,semoga ada yang bisa diambil/memberi kalian informasi.

Aku tahu dan aku yakin bahwa setiap orang pasti punya pengalaman dan ceritanya masing-masing.Dan aku juga menyadari,gak semua orang cocok dengan sistem yang ini.Mungkin mereka lebih cocok dengan sistem yang itu.Gak masalah,apa pun yang kalian pilih.Karena yang terpenting,adalah tujuan dari belajar itu sendiri.Yakni,membuat kalian punya critical thinking,dan jadi ketagihan belajar.Dengan begitu,belajar bukan lagi beban buat kalian,tapi suatu kebutuhan,suatu hiburan,dan suatu perjalanan yang menyenangkan.

Dan itulah yang coba (terus) zenius lakukan.

Oh ya,aku punya entah apa namanya,tentang Zenius.Puisi? Syair? Gak tau...baca aja..

                           Zenius                                

Zenius,mungkin mereka gak menggaet artis,public figure,atau youtuber buat jadi brand ambassador mereka.

Tapi,para pengguna mereka bakal siap dan dengan senang hati menceritakan kesuksesan serta manfaat yang mereka dapet dari zenius.

Zenius,mungkin jarang kasih diskon gede-gedean buat penggunanya,
Tapi,harganya paling murah diantara bimbel online maupun offline lainnya.

Zenius,mungkin gak memotivasi kita buat lolos PTN atau jadi juara di sekolah,
Tapi Zenius memotivasi dan membentuk kita agar punya mindset yang kritis dan membuat cara belajar kita bener pake konsep.

Zenius,mungkin pendirinya bukan lulusan universitas top luar negri,bahkan berhenti dari ITB menjelang akhir tahun² kuliahnya,
Tapi sekarang,Bang Sabda,lagi kuliah online di 2 universitas top dunia sekaligus.

Zenius,para tutornya mungkin 'cuma' lulusan ui,ugm,itb,dll
Tapi,mereka multipassion dan expert di bidangnya masing-masing..

Zenius,bimbel online yang masih banyak kekurangan dan kelemahannya,
Tapi mereka terus berupaya memperbaiki diri dan berupaya memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia,serta membuat anak-anak Indonesia ketagihan belajar.

I am use Zenius in my gap year for prepare my future,how about you?  :-)




(Note:Mohon maaf,kalau ada yang kurang update atau disinformasi ya...bisa kasih tau di kolom komentar? :-) Dan terimakasih sudah membaca post ku ini)



~   ~   ~   ~    ~    ~    ~   ~   ~   ~    SEKIAN  ~   ~  ~   ~    ~   ~   ~   ~   ~   ~

Comments

  1. blog nya keren :)tetap berkarya ,mbak hm terus untuk sbmptn selanjutnya bagaimana ? bisa dilanjutkan hehehe

    ReplyDelete
  2. Keren banget mba blognya, next sistem belajar pake zenuis ya mba hihihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Zenius: A Wonderful Learning Journey

Ketika Pertengkaran Terjadi,Pahami 2 Prinsip Ini Agar Tak 'Makan Hati'