Zenius: A Wonderful Learning Journey


WARNING:TAKE A CUP OF COFFE,BEFORE READ THIS ARTICLE!!!


Hallo...

Apa kabar semua??....Aduh,udah lama banget ya,blog ini gak ditengok.Maaf banget, karena gue sibuk,gak bisa nyempetin buat nulis.Dan sebagai gantinya,gue siapin artikel ini untuk kalian semua yang tertarik buat mengetahui perjalanan belajar gue yang menyenangkan bersama Zenius.

Sebelumnya,perkenalkan,gue Rani.Baru aja lulus dari SMA swasta di Singaparna, Tasikmalaya,Jawa Barat.

Buat kalian,yang pernah baca tulisan gue sebelumnya,mungkin agak kaget,gue ngomong nya 'gue-elo' bukan 'aku-kamu'.Sengaja,karena gue takut Nathan kegeeran.Whatt? Iya..kan Nathan bilang gini "Saya senang,kamu ngomong nya aku kamu,berasa kayak orang pacaran beneran.." (Dear Nathan:2017). :D

Yuk kita mulai...

Perkenalan gue dengan Zenius bermula saat gue kelas 9.Saat itu gue lagi scrolling Facebook,dan nemuin postingan Zenius,Mitos Otak Kanan dan Kiri.Habis baca itu,gue gak berhenti.Gue cari artikel lain yang topiknya gak kalah keren.And boom! Gue serasa nemu 'danau' yang berhasil memuaskan dahaga gue akan ilmu pengetahuan.(lebay yak?!) Tapi serius! Gue itu hobi banget baca dan artikel Zenius itu 'memberi makan' sel-sel dalam otak gue.Mulai saat itu,gue buka browser atau buka Facebook jadi ada faedahnya.Bukan cuma baca status gak jelas. :P

Dari blog jugalah,gue tau zenius.net.Gue coba tonton videonya yang bisa diakses sebagai guest.Terus gue akhirnya,buat akun dan jadi regular member sampai sekarang... *Viss (Yang ini jangan ditiru!)

Gue bukannya gak mau atau gak ngerasain manfaat dari Zenius.Tapi,guenya yang kebanyakan alesan buat beli voucher.Duh,gue beneran malu,ngakuin ini. xD

But,itu gak mempengaruhi semangat Belajar Berkelanjutan gue bareng Zenius.Dan di artikel ini gue mau jelasin 4 fase Belajar Berkelanjutan versi gue.

Cekidott..

#Revolusi Definisi

Sebelumnya,gue mau cerita revolusi gue memaknai arti belajar itu sendiri.Dulu waktu SMP, gue rangking 1,tapi hampir gak bisa lanjut SMA karena masalah biaya.Hingga akhirnya,ada salah satu guru yang mau membantu gue ngelanjutin sekolah di SMA yang cukup favorit di daerah sini.

Waktu itu gue bertekad buat belajar sungguh² dan meyakinkan guru serta keluarga gue kalau keputusan mereka untuk sekolahin gue gak akan sia-sia.Gue belajar,ngerjain tugas,baca materi,latihan soal,biar gue dapat nilai bagus dan rangking di Sekolah.Biar orang-orang yang gue sayang bangga,dan gue dapat bantuan pendidikan buat ngeringanin biaya sekolah.

Gue belajar seperti itu sampe pertengahan semester kelas 10.Kalo di sekolah gue ada yang namanya rapot tengah semester.Nilai gue ternyata jeblok dan gue dapat rangking 8.Gue down,marah dan kecewa sama diri gue sendiri Gue juga takut ngecewain orang² yang udah support gue.Datanglah temen gue,dia cuma bilang,"Tenang Ran,ini baru permulaan,masih panjang jalan yang harus kita lewatin.."

Bener juga!.Gue pun mencoba bangkit dan bertekad buat balas dendam di sisa waktu tengah semester ini..

Suatu hari,ada guru yang nyuruh kita buat diskusi,temanya yaitu "Kenapa murid-murid malas sekolah/belajar".Kurang lebih kayak gitu.Gue mikir,apa ya penyebabnya?.Gue coba buka Zenius blog berharap dapet jawaban di sana.And.. I got it!.Gue nemu artikel ini.




Setelah baca itu,gue bukan cuma dapet bahasan buat diskusi di kelas,tapi gue juga jadi sadar kesalahan gue selama ini.Gue gak MENIKMATI PROSES BELAJAR.Yang gue lakuin ternyata studying, belajar untuk tujuan akademis doang.Emang salah ya?.Gak sepenuhnya salah sih.Tapi,lo gak  akan dapet apa-apa selain tujuan akademis lo tercapai.Lo gak akan dapet hal yang jauh lebih berharga dari sekedar nilai,rangking,dll,yaitu ILMU.

Dan yang gak kalah penting,lo gak bisa enjoy dalam belajar.Karena orientasi lo cuma pada hasil,bukan proses.

Kurang lebih itulah yang gue rasakan selama ini.Gue belajar seakan gak ada ruhnya.Gak ada motivasi intrinsiknya.Gue gak sadar kalo dapet nilai atau rangking bagus itu adalah bonus dari kerja keras gue ngulik ilmu.Alhasil,ketika itu semua ga kecapai,gue jadi patah semangat.

Hingga kemudian,gue kenalan sama Elif Bilgin,Viney Kumar,dan kawan-kawannya lewat tulisan kak Glenn.


                       


Disitu gue semakin tertampar!.Gue malu sama mereka dan diri gue sendiri.Mereka sebaya sama gue ,tapi mereka udah tau untuk apa mereka belajar,udah punya awareness sama lingkungan di sekitar mereka,udah punya karya yang bermanfaat buat orang di usia muda.Sementara gue? :-(

Apalagi,ketika gue baca paragraf-paragraf terakhir artikel  itu.Intinya,jangan jadikan kekurangan dan keterbatasan sebagai excuse lo buat gak berbuat apa-apa.Semua orang punya kesempatan yang sama.Kalo misalkan mereka lebih mampu,lebih powerful buat ngeraih keinginan mereka,kenapa enggak lo naikkin usaha lo 10 kali lipat lebih keras dari mereka?.

"Kondisi terbatas? Terus kerja keras dan kerja cerdas!"

Mungkin di luar sana,masih banyak murid-murid yang kaya gue.Belajar bukan karena kemauan sendiri,tapi ditekan sama keadaan.Karena ngerubah sikon (situasi dan kondisi) buat kondusif dan adaptif terhadap kita itu susah,maka mindset kita yang harus berubah.

Mulai dari saat itu,gue bertekad buat nikmatin proses belajar.Karena belajar, adalah suatu petualangan,yang akan menuntun gue memahami hakikat kehidupan.


#Perspective Changing!
#1 About Natural Science

Ternyata buat ngerubah cara belajar dari nilai oriented ke ilmu oriented itu gak semudah membalikkan telapak tangan.Mungkin pengertian gue tentang belajar udah mulai berubah,tapi pada prakteknya gak sesederhana itu,man !.Ada salah satu hal yang jadi struggle gue dalam belajar,yaitu kebencian gue sama pelajaran tertentu.

Bukan karena cara ngajar gurunya.Ini lebih ke guenya yang gak tau caranya belajar,caranya memahami materi itu seperti apa.Gue agak lemah di bidang eksak.Satu-satunya natural science yang 'agak mendingan' itu Biologi.Kimia,dilihat dari perspektif gue yang salah dulu,'lulumayan'gampang daripada Fisika,karena 'itungannya'lebih sedikit.

Kenapa akhirnya gue nekad milih jurusan IPA pas kelas 11,itu gara-gara gue yakin bisa ngerti materi eksak,kalau gue mau belajar.As simple as that.Dan,gue juga terinspirasi sama kisah seorang Fisikawan asal Jepang,Masatoshi Koshiba.


                           


Buat kalian yang belum tau,atau pengen tau lebih lanjut bisa baca kisahnya Di sini

Dia salah satu yang buat gue percaya,bahwa gak ada yang gak mungkin di dunia ini,selagi kita mau berusaha.Khususnya dalam bidang Fisika.Kalau emang gue niat banget buat ngepelajarinnya,gue pasti bisa!.Tapi balik lagi ke masalah gue di awal,gimana caranya biar gue bisa paham sama pelajaran ini?.

Secara,gue gak tau belajar dengan konsep yang benar itu gimana.

Selain itu,gue punya masalah lain dalam belajar di kelas.Gue punya minus lumayan gede.Nah,di kelas 11 itu gue kebagian tempat duduk paling pojok,jauh dari papan tulis.Jadi,kurang jelas gitu liatnya.Kadang gue gak mudeng apa yang diterangin guru di papan tulis.Gue pun selalu pinjem catetan temen,kalo bener-bener ketinggalan materi.Meskipun pada akhirnya gue gak ketinggalan materi terlalu banyak,tapi tetep aja gue ngelewatin penjelasan guru yang seyogyanya 'transfer ilmu' itu.

Gue merasa paling bodoh dan paling gak ngerti di kelas.Gue gak paham apa-apa.Keadaan itu membuat gue tertekan dan memutuskan untuk belajar mandiri di rumah buat ngejar ketertinggalan gue ( Fyi,gue tipe murid yang jarang belajar mandiri di rumah  :p)

Sebagai langkah pertama,gue pinjem buku teks dari perpus.Gue pinjem buku peminatan mipa dari kelas 10 sampe 11.Gue mau belajar dari nol.Bisa lo tebak? Yup,gue gak serius ngejalaninya.Belajar sendiri ditambah cara belajar yang ngebosenin,bikin gue gak disiplin.

Barulah gue inget,ada ZENIUS! Gue ke website-nya,log in sebagai regular member,t'rus mantengin bagian Fisika.

To be honest, gue baru nemu guru (kalo di zenius disebut tutor) yang cara ngajarnya enak banget!.Gue berasa kayak lagi didongengin soal gaya,gerak,listrik,energi,yang sejak nonton video di zenius,gue ngerasa 'deket' sama mereka.Zenius bikin gue gak ngerasa asing lagi sama yang namanya Fisika.

Nyampeinnya itu nyantei,tapi ngebuat lo tertantang untuk tau penjelasan atau materi selanjutnya.Gue bener-bener diajarin dari bawah,buat ngerti sesuatu.Misal,kenapa materi A ini ada,dari mana asalnya,gimana hubungan si A ini sama materi B,apa pacar,saudara,atau temen? (Gak deng! Gue becanda :D) Ya,zenius berhasil ngerubah total mindset gue sama Fisika.Gokil deh Zenius!.

                           
                               


Akhirnya,gue juga tau hambatan gue belajar Fisika selama ini,lewat video ".Zenius Facebook Live:Tips dan Trik Belajar SBMPTN FisikaYang pertama,basic math skills gue lemah,dan yang kedua,pemahaman gue sama konsep fisika yang kurang.

Matematika,salah satu ilmu dasar yang paling fundamental buat kehidupan manusia.Sayangnya,banyak orang yang benci sama pelajaran ini,termasuk gue.Tapi itu dulu,sebelum gue kenal zenius.Setelah kenal? Makin benci! Eitss,benci karena,kenapa gak dari dulu gue kenal dan gunain zenius?...Kalo dulu gue belajar math seasik ini,mungkin gue bakal lebih cerdas dari temen-temen gue sekarang... (Mungkin.. :p)

Dan gue baru tahu ada yang namanya postulat dalam matematika itu dari bang Sabda.Serius? Iya...parah banget kan gue?..Jadi,postulat ini yang gue tangkep,yaitu prinsip-prinsip dasar dalam ilmu matematika.Mau materi apa pun,pasti yang jadi acuan,si postulat ini.

                              
                           

Salah satu artikel favorit gue di Zenius blog itu juga tulisannya bang Sabda,Deliberate Practice.Setelah gue pikir-pikir,konsep Deliberate Practice ini ternyata ada hubungannya sama Fisikawan yang menginspirasi gue,Masatoshi Koshiba.

Sejak dulu,gue emang termasuk orang yang gak percaya sama adanya bakat.Maksud gue,semua orang bisa ahli di bidang apa pun,kalau mereka serius ngeraihnya.Semua keraguan dan ketidakpedean gue sama kemampuan diri sendiri berhasil hilang sirna berkat konsep Deliberate practice ini.Tsaahh..Setiap gue ngerasa putus asa,atau mempertanyakan kemampuan yang gue miliki, gue selalu dengerin audio Deliberate practice.Setelahnya,gue jadi lebih baik.

"Eh,Ran....lo dari tadi ngomongin perubahan perspektif lo sama pelajaran yang dibenci,emang selain itu gak ada?"

Ohoho..tenang pemirsa...Zenius juga berhasil ngebuat gue yang asalnya suka Biologi karena hafalan,jadi suka karena keseruan ilmunya Gue jadi gak musingin istilah/bahasa latin tanaman atau hewan anu,tapi difokusin sama konsep dasarnya.Seperti yang selalu bang Sabda dan tutor Zenius lain bilang,"Konsep itu penting banget!".

Misalnya,pas di topik genetika.Bab yang katanya salah satu paling 'susah',berhasil dijelasin dengan runut dan seru sama bang Pras.Gak bikin otak lo overload gegara kebanyakan materi.Alhasil,setiap pelajaran Biologi di kelas,gue udah tahu big picture bab itu kayak gimana.Rasanya ngalir dan bikin gue gak sabar buat lanjut ke bab berikutnya.

Mungkin,karena ngeliat progres gue belajar biologi di kelas,gue diberi kesempatan buat ngewakilin sekolah di lomba-lomba biologi.(Bukan mau pamer yah,sharing cerita aja :-)) Misalnya,di Bioleaf(Biologi Learning Festival) di Siliwangi University,gue sama 2 temen lain ikut lomba cerdas cermat,meskipun gak menang sih.


                          


Gue juga ikut Olympicad,olimpiade berbagai bidang yang diselenggarain oleh Muhammadiyah.Saat itu kita diseleksi dulu di tingkat kabupaten.Dan,Alhamdulillah gue lolos.Sayangnya gue gak bisa lanjut ke tahap berikutnya dikarenakan suatu hal.

Tapi segitu juga gue udah seneng banget.Ya,emang sih kita gak boleh cepet puas...Yang pasti gue seneng,karena usaha gue buat belajar gak sia-sia dan udah dikasih kesempatan buat belajar Biologi lebih dalem.Meskipun persiapannya itu mepet banget,sekitar h-3 gitu baru dikasih tau.

Kalian mau tau, apa yang gue persiapin selama 3 hari itu?.Belajar mah pasti,tapi kalau persiapannya mepet,lo harus pake strategi belajarnya.
                
Walaupun masih kelas 11,gue suka baca panduan belajar SBMPTN.Dan salah satu yang gue baca itu Panduan Belajar SBMPTN Biologi .Disana dijelasin konsep² atau bab dasar yang harus lo kuasain buat bisa jawab soal.Ada Sel,Biokimia,genetika,dsb.

Lo bayangin,materi biologi yang seabrek itu harus lo kuasain dalam waktu kurang dari seminggu?.Gak mungkin....Atau mungkin aja,buat yang otaknya jenius banget.Karena gue sadar diri,gak sepintar itu,mungkin belum,jadi gue fokus ke bab dasar dulu.Baru deh,kalau udah lumayan paham,lanjut ke bab yang lebih detail.

                             
                           


Dan penting buat kalian tahu,gue belajar 3 hari itu pake Zenius sama buku Biology Campbell,yang dipinjemin guru gue.
                          



Dan gue sempet kaget,saat ada materi yang gak ada di buku(bukan campbell) tapi ada di Zenius.Kalo gak salah,arah transkripsi untai DNA,deh.

Gue juga punya cara lain,biar belajar,khusunya Biologi,gak ngebosenin dan gampang dimengerti,namanya MIND MAP!.Cara ini juga dari Zenius...hehe.Jadi,lo tulis materi besarnya apa,dan kembangin ke materi-materi yang lebih kecil.

Nih,punya gue.


         
Ini contoh dari Zenius.
    
                 

   

Lo udah liat kan,bagaimana Zenius berhasil menginspirasi dan memberikan pengetahuan-pengetahuan baru ke gue?..Tapi,ini belum selesai...yuk lanjut..


#2 About Social Science

Di Zenius blog,artikelnya gak melulu soal pelajaran di sekolah,atau ngebahas satu rumpun ilmu,ilmu alam atau ilmu sosial.

Lo tinggal ke blog Zenius,terus klik blog categori "insight",dan lo bakal nemu artikel-artikel keren yang ngebuka mata dan pikiran lo sama apa yang terjadi di dunia ini.

Gue yang dulu cuma mikirin ilmu yang ditekuni di sekolah,berubah jadi tertarik dengan ilmu-ilmu sosial.Gue jadi suka ngikutin perkembangan dunia politik,atau dunia ekonomi,lewat TV dan internet.

Dan Tuhan,memberi kesempatan (lagi) buat gue mempelajari lebih dalam seluk beluk perekonomian negara,lewat ditunjuknya gue dan 4 murid lain buat ngikutin suatu kegiatan.Namanya "Edukasi Keuangan dan Olimpiade Kebanksentralan" yang diselenggarain oleh Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya.

Jadi di kegiatan itu ada dua jenis acara,yang pertama seminar keuangan,yang kedua lomba.Gue bersama dua murid lain disuruh ikut lomba cerdas cermatnya.Dan 2 murid yang lain ikut lomba tebak tepat.Kegiatannya 2 hari.

Hari pertama,seminar sama seleksi lomba cerdas cermat.Sistemnya,kita dikasih soal sekitar 120 soal buat dikerjain bareng-bareng,dan sekolah dengan nilai lima terbesar,tampil di Final keesokan harinya.

Akhirnya,setelah 2 kali ikut dan gagal ke final,di ketiga kalinya gue dan temen² berhasil dengan nilai keempat tertinggi.

Deg degan banget waktu itu,karena tahun lalu kita masuk 10 besar dari total 50 an sekolah se-priangan timur.Tapi,pas waktu itu,kita gak kesebut dalam 10 - 6 besar.Ternyata,kita keempat besar dan hasil akhirnya juga sama.


                       

Suprise banget.Gak nyangka.But,gue anggap itu bonus dari kemauan gue ngulik ilmu-ilmu.Semua ilmu ternyata seru dan berguna.Gue jadi gak memandang sebelah mata ilmu tertentu.

Oh,ya.Gue jadi keingetan soal masalah gue di sekolah,terkait 'pengkotakan'' ilmu antara Jurusan IPA dengan Jurusan IPS ini.

Jadi ceritanya,gue dan beberapa teman sekelas lagi beli makanan di kantin sekolah.Kita ngobrol ngalor ngidul.Soal pacar,pelajaran sampai pada akhirnya ngomongin jurusan.Gak tau gimana juntrungnya,gue jadi nanya gini ke temen gue,"Eh,di IPA kan ada lab bio,fisika,atau kimia,di IPS ada lab gak sih,misal lab ekonomi gitu?"

Eh,ternyata omongan gue itu kedengeran sama anak IPS,dan mereka kesinggung.Taunya mereka kesinggung yaitu karena ada anak IPS yang ngomong ke kelas gue.Duh,kalo inget itu gue suka agak sedih.Di satu sisi,gue menyayangkan sikap mereka yang terlalu cepet menyimpulkan,dan disisi lain gue juga menyayangkan rasa penasaran gue yang gak kenal tempat dan kondisi.

Karena gak mau situasi gak enak ini terus berlarut-larut,gue sama temen-temen minta maaf secara langsung ke anak IPS.Disitu kadang saya merasa sedih (eh,bukan! :p) Disitu,gue menyadari pentingnya ilmu komunikasi yang baik,biar pendengar paham maksud pembicaraan kita.

Gue pun berkaca pada diri gue sendiri.Gue orangnya pendiam,dan penyendiri.Kurang supel dalam pergaulan dan komunikasi.Gak biasa memulai pembicaraan.Di lingkungan manapun,baik itu lingkungan sekolah,maupun lingkungàn keluarga.Paling,gue curhat sama kakak gue.Itupun gak semua.

Di kelas pun,gue selalu menghindar buat ke depan kelas atau yang mengharuskan gue speak up..Entah itu presentasi,ngerjain soal,atau sekedar nanya ke guru.Dan,itu yang paling gue sesalkan.Gue jadi gak bisa sharing ilmu pengetahuan,atau nanya sesuatu karena pengen tau,ke orang lain.

Shortly,gue nemu artikel kak Sasa a.k.a Annisa Wibowo tentang "Gimana Caranya Supaya Bisa Jadi Gaul?".Disana dijelasin pentingnya komunikasi,serta elemen-elemen yang menunjang kita buat berkomunikasi,yang diantaranya komunikasi non-verbal,attribution,dan first impression.

Melihat komunikasi sebagai salah satu syarat buat survive dalam kehidupan,gue pun mencoba sedikit demi sedikit ngobrol sama orang.Dan cakupannya juga lebih luas lagi.Coba aktif di organisasi juga gue lakukan,biar skill kerja sama dan komunikasi gue tentunya,makin meningkat.

Gue juga mau memberikan sedikit opini gue ,terkait sistem penjurusan kelas IPA dan IPS ini.Gue baca artikel Jurusan IPA vs Jurusan IPS  ,dan menggaris bawahi,sistem penjurusan ini pada awalnya diciptakan untuk memudahkan dan memfokuskan para siswa dalam menekuni bidang tertentu.Ternyata,fakta dilapangan lain.Sistem 'penyekatan' ini malah membuat persepsi dan masalah baru di masyarakat.Contohnya,kayak masalah gue di atas.

Gak semua orang paham,bahwa IPA dan IPS itu saling berhubungan satu sama lain.Sama-sama penting.Dan gak semua orang,mau mempelajari ilmu di luar bidang mereka.Misalnya,ada anak IPS,tapi dia suka ngulik ilmu fisika dan suka buat percobaan-percobaan ilmiah.Atau sebaliknya,anak IPA tapi paham seluk beluk ilmu politik,sosial,atau ekonomi.Jarang banget yang kayak gitu.(Kalau bukan user Zenius yang pada unyu-unyu,ini kan... :-)) Dan gue ngeliat,pemerintah sepertinya udah mulai memikirkan hal itu,dengan menghadirkan program lintas minat di kurikulum 2013.

Gue tertarik waktu baca jawaban Bang Sabda (Btw,di sini,cuma Sabda doang  yang gue panggil abang nih,:p .Cocok lah...:-)) di ask.fm,waktu ditanya,apa yang lo mau ubah dari pendidikan Indonesia,kalau jadi mendikbud?.Jawaban dia salah satunya,pengen ngehapus pemisahan jurusan.Dan gue setuju.Meskipun,itu juga perlu perencanaan yang matang dan pengkajian ulang.Jangan sampai,menambah beban pelajar Indonesia.Ujung-ujungnya,yang jadi korban kan pelajar juga. :-)

Jadi,Zenius bukan cuma berpengaruh sama pelajaran doang,tapi jauh lebih penting,yaitu mindset gue buat terus belajar dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Jadi Pembelajar kehidupan.



#It's All About Passion

Lo pasti sering ditanyain gini kan,"Kamu,kalau gede mau jadi apa?".Entah itu sama orang tua,guru,temen,adek,kakak,kakek,nenek,dst.Mungkin kalau pas kita kecil,jawabnya enteng dan sekenanya aja.Dokter,guru,pilot,pengusaha,bahkan presiden.

Tapi,ini kelas 12!.Masa dimana lo,harus mempersiapkan segala sesuatu untuk kehidupan yang sebenarnya.Masa yang baru aja gue lewati dengan penuh kebingungan dan kegalauan tanpa henti.Kenapa?,karena gue gak tau setelah lulus ini mau apa dan mau jadi apa.

Dulu,salah satu alasan gue masuk jurusan IPA adalah karena gue pengen jadi geolog atau peneliti bumi gituu..Dan gue mau cerita kenapa gue pengen jadi itu.Semoga lo masih tahan baca artikel (baca:curhatan) gue yang super ngebosenin ini.

Sejak kecil,gue suka mengamati dan mencari tau bagaimana alam semesta ini bekerja.Karena kebetulan gue tinggal di kampung,gue juga suka main ke hutan,melihat beraneka ragam flora dan kehidupan di dalamnya.'Ah,nanti gue mau jadi orang yang neliti alam atau makhluk hidup...' Gue ngomong gitu sama diri sendiri.

Nah,pas kelas 10,guru pembimbing olimpiade ngebagiin formulir buat yang mau ikut OSN.Gue baca bidang-bidangnya,dan yang menarik hati gue cuma astronomi,geografi,sama kebumian.Waktu itu gue gak pilih biologi karena curious gue belum ada.

Kita diseleksi tingkat sekolah dulu,dan bodohnya gue ketinggalan info seleksi Geografi.Gue bisa nyusul sih seleksinya,tapi kemudian guru pembimbing olim nyuruh gue masuk astronomi aja,tanpa seleksi karena peminatnya 2 orang.Sedangkan tim sekolah itu harusnya 3 orang.

Gue pun masuk dengan ketidaktahuan gue sama soal olimpiade astronomi itu kayak gimana.Gue pikir,kebanyakan soal teks,berbasis recalling memory.Taunya hampir hitungan semua....Dan hitungannya itu perlu konsep yang dalem dan kuat yang gak gue miliki,karena cara belajar gue yang salah.Gue ketawa sendiri,ya iya lah Ran...ini kan olimpiade,seleksi buat ngehasilin anak-anak cerdas terpilih...  :-)

Waktu itu,gue belum tau cara pembelajaran di Zenius.Gue bener-bener blank buat belajar Fis sama math.Gue gak bisa ngundurin diri.Bimbingan olim juga gak bisa diharepin.Gue pasrah.Dan hasilnya,gak lolos.Gue gak sedih karena gagal,karena gue juga gak maksimal berusahanya.Belum mental juara istilahnya.

Tahun kedua,sekaligus OSN terakhir,gue ikut lagi.Kali ini,gue banting stir milih bidang kebumian.Karena setelah gue liat-liat dan riset lebih lanjut,kebumian gak kalah menarik dan masih ada astronominya.Gue ikut dan gagal lagi.Kali ini ada sedikit rasa sedihnya,karena gue ada perjuangan meskipun sedikit.

Dari semua cabang kebumian,geologi lah yang menurut gue ilmu dan penerapannya luas.Karena,geologi memang ilmu tentang bumi,of course,semua fenomena dan karakteristik bumi kita pelajari.Dari permukaan bumi sampai ke dalamnya.

Dan gue kira,geolog itu cuma bekerja di industri migas dan pertambangan,ternyata masih banyak bidangnya,karena menggunakan ilmu-ilmu dasar dan sub ilmu yang banyak banget.Overall,buat gue,bidang energi ini penting banget,karena salah satu kunci kelangsungan hidup manusia.Makanya gue pengen belajar ini.

Gue masih nyimpen 'Life Map'yang gue buat pas disuruh sama guru BK.

                      
                     

Ada banyak faktor sih,yang buat gue pengen jadi geolog.Salah satu alasannya adalah,karena gue ingin ikut andil dalam mengentaskan kemiskinan.Gue dulu mikirnya simpel,negara kita kan kaya akan sumber daya alam,kalau SDA itu dimanfaatkan dengan baik,kita harusnya jadi negara yang sejahtera,kayak Arab Saudi,misalnya.Ternyata,makin ke sini,persoalan maupun pemikiran gue gak sesederhana itu lagi.

Kita gak bisa bergantung terus menerus pada SDA yang kita punya,sementara SDM(Sumber Daya Manusia)nya berada pada kompetensi rendah.Mungkin,lo udah sering denger,kalo Singapura yang gak punya bahan tambang sama sekali,bisa jadi salah satu negara maju di dunia berkat Sumber Daya Manusianya yang pekerja keras dan berkompeten di bidangnya.That it's!.

Hal yang paling memprihatinkan dan menyakitkan buat gue,adalah saat tau bahwa Indonesia 'gak berdaya' dengan kontrak dan regulasi perusahaan-perusahaan pertambangan dan perminyakan raksasa dunia.

Mereka makin superior,sedangkan kita 'hanya'bisa gigit jari.Ini karena masyarakat Indonesia,seperti yang gue bilang,masih sedikit yang melek IPTEK dengan kata lain SDM-nya masih rendah.Gue disini gak menyalahkan siapa-siapa.Ini masalah kita bersama.Termasuk kita,sebagai anak bangsa.

Ini bukan berarti gue nyuruh diri gue sendiri dan kalian pesimis.Justru dengan keadaan ini,saatnya kita singsingkan lengan baju,tumbuhkan gelora semangat kita buat belajar,berpikir dan berkarya demi masa depan umat bangsa Indonesia pada khususnya.Dan umumnya,untuk semua umat manusia di penjuru bumi tercinta.Karena,udah ada kok kakak-kakak kita yang sudah memulai perjuangan,mengembangkan IPTEK dan SDM Indonesia.Salah satunya,kakak-kakak Zenius ini. :-)

Gak ada lagi waktu untuk bermalas-malasan.

Gak ada waktu lagi buat hidup hedon dan sekuler.

Ada salah satu artikel ZeniusBlog,yang semakin meneguhkan niat gue,buat mengembangkan IPTEK ini.Artikel kak Steve.

                        

Namun,sampai artikel ini ditulis tanggal 21 juli,gue belum terlalu tau sebenernya soal IPTEK ataupun pengelolaan SDA ini.Bagaimana awal mula energi,dari ditemukan sampai pengelolaannya seperti sekarang.

Gue masih inget,pernah baca artikel soal energi di blog Zenius.Gue pun buka browser,ngetik 'Zenius Blog Energi' dan keluarlah artikel-artikel yang keren-keren ini.Kalian wajib baca!

Menelusuri Konsep Energi Pada Fisika

Kisah Manusia Mengendalikan Energi

Benarkah Bahan Bakar Fosil Mengancam Peradaban Manusia?

Darimana Datangnya Semua Energi Yang Kita Gunakan?

Kenapa Energi Ramah Lingkungan Belum Luas Digunakan?


Gue baca artikelnya satu persatu,dan gue semakin menyadari bahwa cara pengelolaan energi,kunci keberlangsungan hidup manusia.Dan untuk itu,diperlukan orang - orang yang kritis dan mempunyai rasa peduli sama IPTEK,dan tentunya inovatif.

Setelah baca kumpulan artikel itu,gue semakin tertarik sama Fisika.Gue jadi pengen ikut nyiptain teknologi baru dengan ilmu fisika dan ilmu penunjang lain,seperti kimia dan biologi.

Awalnya,gue memandang jurusan teknik fisika,teknik elektro,mesin,itu gak menarik,ngedenger namanya aja gue udah keder duluan,karena nilai fisika gue yang jelek..Ternyata setelah tau lebih dalam,seru banget dan aplikatif.Gue bakal kerja keras buat belajar fisika sama ilmu alam lainnya.

Concern gue sekarang,adalah menemukan dan mengembangkan sumber energi alternatif dan terbarukan.

Meski beberapa waktu belakangan, banyak diberitakan bahwa minyak bumi bukan berasal dari fosil,tapi dari bahan anorganik,sehingga bisa diperbaharui.

Tapi,sebaiknya,kita tetap pada prinsip kita, melakukan persiapan sematang-matangnya.Gak usah aneh sama berita begituan.

Karena meskipun kilang-kilang minyak, dari tahun ke tahun semakin banyak ditemukan,tapi,seperti Kak Fanny bilang,bahan bakar fosil itu bukan ladang atau hewan ternak yang bisa kita kontrol keberadaannya.

Apalagi pas gue baca,kalau fenomena kilang minyak di Pulau Eugene yang terisi kembali,akibat adanya patahan dalam bumi.Ini salah satu artikel yang nulisnya.Propaganda Peak Oil

Gue gak bisa bayangin efek samping dari patahan itu,yang gak kita ketahui dan gak bisa kita atasi.Mungkin efeknya bukan jangka pendek,tapi jangka panjang yang berimbas ke hidup anak cucu kita nanti.

Gak usah bayangin itu dulu deh.Kita ngomongin yang jelas aja.Efek bahan bakar fosil itu meningkatkan kadar CO2 di udara,sehingga mengakibatkan pemanasan global yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia.

Gak ada salahnya kita prepare.Punya energi alternatif yang relatif bersih,bisa di perbarui,dan gak merusak alam.

Ya,karena ada beberapa hal dari dunia pertambangan ini yang bertentangan sama hati nurani gue(ceilehh..) diantaranya adalah kerusakan/pencemaran lingkungan akibat pertambangan dan sejenisnya.Meski gue tahu,kalau perusahaan² itu berkomitmen mengembalikan lingkungan bekas tambang atau yang baru mereka eksplorasi,sesuai keadaannya semula.Itu merupakan salah satu tantangan dan harus dipikirkan oleh para geolog,ahli tambang,perusahaan,dan pihak terkait.Termasuk gue tentunya.Lo,masih inget kan,kasus lumpur lapindo?.

Oh ya,mengenai prospek kerja geolog ini,kalian juga pasti tau kalo minyak dunia lagi merosot antara tahun 2015-2016 lalu.Dan 2017,udah mulai bergerak naik lagi Sedikit banyak,itu juga bikin gue berpikir ulang tentang keputusan milih jurusan geologi.

Meski kuliah,jangan berorientasi sama prospek kerja,tapi harus berorientasi ilmu.Tapi,kita harus tetap mikiran hal itu,dong.Ya,kan?

Dan memang,udah mulai bermunculan energi-energi alternatif,terbarukan dan bersih,semacam geothermal (panas bumi),arus laut,pembangkit listrik tenaga surya,dan lain-lain.Jujur,gue salut sama mereka semua,yang udah bersedia memikirkan keberlangsungan hidup umat manusia,baik kebutuhan energinya maupun lingkungannya.

Gue pengen menjadi salah satu dari mereka .

Mungkin,saat baca artikel gue ini,lo mikir gini.

"Apaan sih ni orang....tema artikelnya kan belajar berkelanjutan,ngapain bawa-bawa soal geologi,tambang,energi,...gak nyambung..."

Gue juga awalnya mikir gitu,waktu mau bikin artikel ini.Belajar berkelanjutan,tentunya harus punya mindset dan persiapan yang bener dong di awalnya.Ada cara-caranya.

Nah,setelah gue mengubah pengertian gue terhadap belajar,gue siasatin masalah gue dalam belajar itu apa,baru sampailah gue pada kesimpulan akhir: Sebetulnya buat apa sih kita (baca:gue)belajar?. (Kayak judul lagu?? Bukan...) Yap,itu judul artikel kak Glenn.Belajar itu ada tujuannya,guys...

Ibarat orang pacaran,ngejalaninnya harus dengan perasaan,berdasarkan cinta atau rasa suka.Belajar juga gitu.Tapi,suatu hubungan juga,ada tujuannya,mau dibawa ke jenjang lebih serius a.k.a menikah atau putus :-(

So,jalani proses belajar lo dengan rasa senang.Karena lo jatuh cinta sama ilmunya.Tapi,jangan lupa,ilmu itu harus lo amalkan atau diaplikasikan ke dalam kehidupan.Sederhananya,dengan ilmu yang lo suka itu,lo mau ngapain?.

Seperti kebanyakan orang,gue juga berubah-ubah dalam menentukan cita-cita atau passion.Dari mulai dosen,penulis skenario,animator,astronomer,sampai geolog.Gue juga pernah kepikiran buat masuk biologi murni.Psikologi juga.

Gue selalu mikir,kalo ketidakkonsistenan gue sama pilihan passion ini gak normal.Gak wajar.Masa,cepet banget berubahnya.

Gue beruntung nemu artikel Kak Glenn,Sebetulnya Untuk Apa Sih Kita Belajar? Disana dijelasin kalo passion,bahasa kerennya dari tujuan belajar emang dinamis.Dipengaruhi oleh lingkungan,pola pikir,pengetahuan dan masih banyak faktor lain.

Kak Glenn juga nekenin kalo anggapan orang yang bilang,"Find your passion" atau "Follow your passion" itu gak terlalu penting.Yang penting adalah EKSPLORASI.

Salah satu komen di artikel itu,juga mengantarkan gue ke tulisan lain."The Myth Of Doing What You Love".Yang gue mau tarik kesimpulannya dari artikel itu,yaitu passion itu gak selalu yang kita cinta.Tapi,ada cinta di dalamnya.Bikin kita terus belajar.Move.Bergerak maju.

Maksudnya gimana?

Nih,mengutip pidato Bapak Anis Baswedan di sebuah acara,harusnya fokus anak muda di masa depan itu bukan mau jadi apa,dalam artian,mau jadi profesi apa.Tapi,mau buat apa.

Beliau cerita,kalau saat kecil pengen jadi tukang pos.Tapi zaman terus berubah,orang-orang sekarang pakai E-mail.

Jadi,jangan fokus ke profesinya,tapi ke karya apa yang akan kita hasilkan nanti.

#Gap Year: Stay With Me,Zen!

Tibalah kita semua di akhir pembahasan ini.Setelah serangkaian ujian gue lewati.Dan pemikiran yang bimbang tentang kelanjutan kehidupan.Gue berharap,bisa keterima lewat SNMPTN atau SBMPTN.

Dan hasilnya,gue gak diterima lewat SNMPTN.

Gue pun mempersiapkan SBMPTN.Yang dengan bodohnya,walaupun gue udah tau medan pertempuran SBMPTN karena sering baca ZeniusBlog,gue malah persiapannya menjelang detik-detik terakhir.

Gue baru bikin jadwal task oriented yang dicontohin Kak Glenn di artikel Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN Yang Efektif ,sebulan sebelum SBMPTN.Dan seminggu sebelum UNBK.

                     

Bayangin,gimana usaha gue buat ngemanage waktu!.

Lagi,karena waktunya mepet,gue pilah-pilah materi permapelnya pake panduan Materi Apa Aja Yang Sering Keluar di SBMPTN? .Gue manfaatin waktu kosong dengan ngereview materi sama latihan soal.



  

Alhamdulillah,nilai UN gue gak buruk-buruk amat.Cuma satu cacatnya,yaitu nilai MTK.Gue niat mau ikut UN perbaikan.Tapi bakal sia-sia kayaknya,karena fondasi matematika gue masih 'ringkih'.

Lalu,apa kabar dengan SBMPTN gue?.

Gue udah ngomong rencana kuliah ke ortu jauh-jauh hari.Mereka support secara moril,dan bakalan cari buat biayanya.Tapi,setelah menimbang banyak hal,akhirnya keluarga bilang gue istirahat dulu setahun.Alias Gap Year.

Bukan karena masalah biaya doang,tapi ini karena kesehatan gue juga yang lagi terganggu.Kelas 12 ini,yang seharusnya gue gunain buat fokus belajar,malah harus izin terus karena musti bolak balik check up ke Rumah Sakit.Penyakitnya cukup serius sih Ya,gak ada penyakit yang min-main (baca:ringan)

Pas tanggal 2 April,sebenernya gue ada panggilan operasi.Cuma ditunda dulu,karena tanggal 9 April-nya gue kan harus UN.Takut keganggu.And finally,tanggal 25 Juni kemarin,gue jadi dioperasi.Sekarang lagi tahap pemulihan.Besok nih,tanggal 23,gue harus balik lagi ke rumah sakit.Kontrol lagi.

Gue cerita gini,bukan maksud apa-apa,ya.Gue cuma mau,semoga kisah gue ini dijadiin bahan pelajaran buat kalian semua.Bahwa kita harus tetap menjaga kesehatan.Gimana kita mau belajar,kalo badan kita sakit.Gimana kita mau peduli sama nasib orang banyak,kalo kita gak peduli sama diri sendiri....

Thanks a lot buat Zenius,yang udah kasih berbagai ilmu yang bermanfaat dan berhasil ngerubah pemikiran gue yang sempit jadi lebih terbuka.Berkat lo juga,nilai UN gue selamat.Padahal gue gak bener-bener belajar pas mau UN.Gue cuma ikut pemadatan yang kayak lo tau,cuma ngapalin tipe soal.Dan gue,ngere-play video Zenius terus menjelang hari H.

Dari lubuk hati gue,sebenernya pengen banget jadi premium member,bahkan kalo bisa beli Zenius Xpedia.Gue niat beli voucher pas kelas 12 semester 2,tapi karena gue pulang sekolah sore,sibuk nyiapin macem-macem ujian,ditambah gue yang harus cukup istirahat karena penyakit itu,akhirnya gak jadi deh.Oh,ya ditambah keuangan juga sih...hehe...Padahal Zenius itu,udah paling murah dari semua bimbel,kok.Guenya yang gak bertekad keras.

Sekarang,Tuhan memberikan gue kesempatan untuk 'bernafas'.Untuk merenung dan berintropeksi.Pun untuk belajar (berkelanjutan) bareng Zenius. :-)

Gue kira,cukup sampai di sini deh.Tapi,gue mau kasih pesen-pesen penting dulu ke kalian.

1).Gunakan source atau sumber daya yang Lo punya untuk terus belajar dan mencari ilmu.Jangan jadikan keterbatasan sebagai penghalang buat Lo menggapai masa depan dan mengabdi buat umat Manusia.

Jangan lelah untuk jadi pembelajar sejati untuk hidup Lo dan orang lain.

2).Gak ada satu pun ilmu yang gak menarik.Ini cuma masalah proses.Sekeras apa perjuangan Lo buat ngulik bidang itu.Segigih apa usaha Lo buat menemukan 'The Wonderful Things' dari bidang tersebut.

3).Ini yang paling penting! Lo jangan kayak gue yang kenal Zenius udah lama,tapi gak pernah diperjuangin,eh giliran udah diembat sama orang lain, apalagi temen sendiri,baru nyesel....Apaan sih?

Jadi gini,dulu tuh,gue gak kasih tau temen-temen gue soal Zenius.Karena gue takut,mereka nyaingin gue. (Maaf ya,Zenius...)

Nah,ketika menjelang UN,mereka akhirnya tau Zenius.Rasanya kayak senjata Lo dicuri."Aduh mampus! Gue gak punya senjata yang lebih 'canggih' lagi dari mereka!"

Padahal setelah gue pikir-pikir lagi,semua orang punya senjata yang udah dikasih Tuhan dengan begitu sempurna,yaitu panca indera dan anggota tubuh lainnya.Zenius,buku teks,itu amunisi untuk senjata yang kita punya.

Jadi, pinter-pinter gunain senjata dan amunisi nya ya....

Sebagai penutup,gue mau kasih Quote nih..

"The Future Belongs to Those who believe ini the beauty of Their dreams..." (Eleanor Roosevelt) 

Baca Juga : My Gap Year With Zenius

                          *         *        *
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Zenius Education 'Belajar Berkelanjutan', dan menjadi salah satu pemenang.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

My (Started) Gap Year With Zenius

Ketika Pertengkaran Terjadi,Pahami 2 Prinsip Ini Agar Tak 'Makan Hati'