7 Tips Belajar (Kompilasi)

Assalamualaikum...
Hai semua nya! Saatnya berbagi tips belajar.Bisa untuk belajar di sekolah,ulangan harian,ujian semester,kenaikan kelas,atau hanya untuk sekedar menambah pengetahuan dan wawasan.

Oke.Sebenarnya,aku tipikal pelajar yang gak terlalu rajin belajar.Tapi,aku sangat suka baca buku.Kalau dulu,lebih ke fiksi seperti novel,tapi sekarang aku memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman.Yaitu coba baca buku pelajaran.Dan hasilnya? Alhamdulillah!😊

Ini adalah Kompilasi tips belajar dari yang aku rangkum berbagai sumber.Entah itu video YouTube,buku self improvement,pengalaman pribadi dan lain-lain.Yuk,langsung aja!

1.Kenali Gaya Belajar.
   Untuk lebih jelasnya,yuk kita simak video dari kak Clarin Hayes.

2.Kuasai 4 Skills Belajar.
 Skills atau keterampilan belajar harus kamu kuasai,jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.Apa aja sih keterampilan belajar itu?.Mengutip dari buku "Teenage Metamorfosis Menjadi remaja hebat:Kuat Karakterku,Dahsyat Prestasiku" karya Pak H.D Iriyanto,ada 4 skills belajar.

1.Keterampilan Membaca(Reading Skill)

   Seperti kata peribahasa "Buku adalah gudang ilmu,membaca adalah kuncinya".Its Really True!.Meskipun di zaman yang serba canggih seperti ini,ilmu pengetahuan bukan dari buku saja,tapi buku masih menjadi sumber belajar terlengkap dan relevan di sepanjang masa (halah!) :D.Tapi persoalannya,tidak semua orang suka membaca,mungkin di antara kalian juga ada yang gak suka membaca?.Tenang,aku punya beberapa saran yang bisa praktikkan agar minat dan gairah membacamu meningkat.

   Pertama,bangunlah kebiasaan membaca dengan membaca bahan bacaan apa pun yang benar-benar kamu sukai.Kaya aku tadi,aku kan suka baca fiksi,dari sanalah kebiasaan membacaku berkembang,hingga akhirnya aku juga (mulai) suka baca buku teks.

   Nah,tips ini juga berlaku untuk membaca buku pelajaran.Yaitu mulai dari bagian atau halaman yang membahas topik yang kamu suka atau yang lebih kamu kenal.Sebab,jika kamu mulai dengan membaca halaman atau bagian yang benar-benar kamu sukai,hasrat kamu untuk melanjutkan membaca ke halaman atau bagian yang lain pasti lebih besar.

   Yang kedua,bacalah dengan cara "ngemil" atau "nyicil",sedikit demi sedikit seperti saat makan snack di waktu senggang.Ini artinya kamu tidak harus menargetkan waktu tertentu untuk membaca buku,terutama buku pelajaran.

Yang ketiga,buatlah hubungan antara makna dari tiap topik bacaan dengan aplikasi di dunia nyata.Dengan membayangkan hubungan tersebut,kamu bisa terinspirasi untuk menciptakan sikap atau tindakan tertentu.

Yang keempat,pahamilah inti dari isi buku yang kamu baca.Jika buku tersebut terdiri dari beberapa topik penjelasan atau bab,perhatikan ide² atau informasi yang menjadi pusat bahasan dari masing-masing bagian tersebut.

Inti dari isi buku,umumnya bisa kamu kenali dari kata atau kalimat yang dicetak tebal,di cetak miring,banyak diulang atau diletakkan pada bingkai dalam halaman buku.

2.Keterampilan Menulis (Writing skil)
Perlu kamu ketahui,menulis adalah keterampilan menuangkan ide,rencana,fikiran,gagasan,perasaan,atau pengalaman dalam bentuk tulisan.Bentuk dan sifatnya macam-macam.Ada puisi,pantun,syair,artikel,proposal,catatan harian,buku,novel,makalah,skripsi,atau disertasi.

Agar kamu lebih terampil menulis,pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menulis apa saja yang pernah,sedang,atau hendak kamu fikirkan ,rasakan,dan alami.

Jika proses menulismu terhenti,atau kamu terkena writer blocks,maka solusinya adalah jangan pernah berhenti menulis! Ya,itulah yang aku lakukan ketika sedang menulis,lalu ide itu tiba-tiba terhenti begitu saja,maka aku tetap melanjutkan menulis dengan apa yang kutahu saja.

Oleh karena itu,banyak-banyaklah membaca buku apapun,agar idemu lancar,tidak mampet di tengah jalan.Karena mau tidak mau,kemampuan menulis di era literasi seperti sekarang ini,harus dimiliki semua orang.Walaupun tidak sampai pada level penulis andal,setidaknya orang-orang bisa menyuarakan ide/gagasan mereka ke dalam tulisan walau sederhana.

3.Keterampilan mencatat (Note skill)
Mencatat adalah menyimpan atau merekam informasi atau data penting dalam bentuk catatan.Jika menulis adalah menghasilkan ide atai buah fikiran yang baru,mencatat adalah 'mengkopi' informasi atau data yang diterima,namun diambil intisarinya saja.

Kemampuan ini sangat penting dan sangat diperlukan,karena sangat tidak mungkin,seseorang menulis seluruh informasi atau data yang bersifat 'sekilas dengar'.

4.Keterampilan Mengingat.
 Kalau menurutku,mengingat ini diperlukan saat awal-awal pembelajaran saja.Selanjutnya,kalian tidak bisa mengandalkan kemampuan mengingat saja,tapi juga analisis dan pemecahan masalah.Kenapa? Agar kita mampu berpikir tingkat tinggi alias High Order Thinking Skills (HOTS).
 
3.Repeat!
    Mungkin kalian suka disuruh sama orang tua kalian,kaya gini " Kalau pulang sekolah,belajar lagi,ulang apa yang udah dipelajari di sekolah.."

   Nah! Hal itu juga yang ingin aku sampaikan di sini.Setiap pelajaran atau materi yang telah kalian dapatkan di sekolah,harus kalian ulang di rumah.Tapi ingat! Jangan menghafal! Kenapa? Karena seperti Bang Sabda PS bilang "Menghafal adalah cara belajar yang paling dangkal" Menghafal hanya akan 'mematikan' daya berfikir kritis kalian.Selain itu,menghafal membuat pengetahuan kalian terbatas pada hal-hal tertentu saja.

    Terus,gimana dong,cara mengulang pelajaran yang bener?

    Coba kalian gunakan teknik Feyman.Berikut langkah-langkahnya:
1.Ambil selembar kertas,lalu tulis topik apa yang sedang kamu pelajari.
2.Tulis apa yang kamu ketahui tentang konsep/topik tersebut.Dan coba jelaskan konsep tersebut kepada orang lain atau diri sendiri.
3.Analisis di bagian mana yang belum kamu ketahui/belum kamu mengerti.
4.Pelajari bagian yang belum kamu mengerti itu,dan coba buat bagian itu lebih sederhana.Kalau bisa sesederhana mungkin.

4.Belajar secara konsep!
Belajar secara konsep ini penting banget!Karena kamu belajar lebih dalam,bukan cuma luarnya aja,alhasil kamu bener-bener ngerti tentang suatu materi.Dan ketika kamu bener-bener ngerti materi,kamu bakal cerdas beneran.

Pertanyaannya,gimana belajar dengan konsep itu?

Gini deh,misalnya di pelajaran matematika,kalian harus bener-bener tau rumus ini darimana,gimana cara nurunin rumusnya,dan hubungan rumus yang ini dengan yang lain itu seperti apa.Beyond The Formula.Jadi,bukan cuma ngafal rumus,tapi kalian juga bisa buat rumus sendiri!

Aku sangat merekomendasikan kalian untuk pake Zenius.Kenapa?

Karena di Zenius,belajarnya pake konsep,dan udah aku rasain sendiri.Cara ngajar tutornya itu enak.Kita bener-bener diajarin dari dasar banget,dilatih berfikir kritis dan logis,bikin kita ketagihan buat terus belajar.

Kalau kalian,mau tau lebih jauh,how Zenius Change My Mindset,kalian bisa baca artikel ku disini.

Jadi gimana,tertarik belajar pake konsep?

5.Latihan Soal!
Udah belajar materi mati-matian,tapi tanpa diselingi latihan soal? Sama aja boong! Dariamana kita tau ,kita bisa materi itu tanpa diuji coba dulu? Latihan soal juga berhubungan dengan belajar secara konsep,lho...

Ketika kalian udah belajar pake konsep yang bener,pas latihan soal,pasti kalian bisa ngejawabnya.Mau soalnya udah diutak-atik segala macem pun,pasti kalian bisa nyelesainnya.

Dulu,aku termasuk pelajar yang lebih suka review materi terus tanpa diselingi latihan soal.Namun,aku kemudian sadar bahwa itu salah.Dan emang kerasa banget bedanya,antara belajar materi tanpa diselingi latihan soal dengan belajar diselingi latihan soal.

Dulu pas aku belajar,ngerasa ngerti banget materi itu,tapi pas coba ngerjain soal,kerasa belum lancar.Pertanda aku belum bener-bener paham sama materinya.Sekarang,saat belajarnya udah diselingi latihan soal,jadi lebih ngerti dan lebih terbiasa problem solving.Dan itu bukan hanya berpengaruh saat belajar lho,dengan terbiasa menyelesaikan masalah(latihan soal),di kehidupan pun kita bisa lebih wise menyelesaikan masalah,serta mengubah mindset kita sama masalah itu sendiri.

Jadi,kalau ada diantara kalian,ada yang masih sering skip latihan soal pas belajar,mulai sekarang coba deh latihan soal.Gak usah banyak-banyak,sedikit-sedikit aja dulu,asal dilakuin dengan konsisten.Dan percayalah,kalian bakal ngerasain manfaatnya....

6.Bikin mind mapping.

Mind mapping adalah suatu cara untuk merangkum dan mereview materi.Caranya,kita menuliskan dalam sebuah kertas,topik utama terlebih dahulu,di tengah-tengah.Setelah itu,kita menuliskan subtopik berikut penjelasannya.

Contoh mind mapping yang aku buat.



7.Use Pomodoro Timer.
Mungkin kalian sudah tidak asing dengan teknik pomodoro ini.Yup,pomodoro adalah suatu pengaturan waktu yang diciptakan oleh
Francesco cirillo di akhir tahun '80 an.Nama pomodoro sendiri berasal dari bahasa italia yang berarti tomat.

Yang kalian butuhkan dalam melakukan teknik ini,hanyalah timer arau jam! Terserah,mau timer dalam hp,atau kalian punya timer khusus.Nah,dengan timer itu kalian tinggal menset waktu selama 25 menit untuk bekerja atau belajar.Setelah waktu habis,kalian bisa istirahat selama 5 menit saja.Baru setelah melewati 4 set,kalian bisa istirahat lebih lama.

Kalian juga bisa menggunakan berbagai aplikasi yang berbasis pomodoro timer.Seperti Focus Now,atau Forest.Aplikasi ini bisa kalian unduh di playstore secara gratis.

Bagi aku pribadi,cara ini terbilang efektif.Karena membantuku fokus pada satu hal yang sedang aku kerjakan.

Kalau kalian gimana?

                          *    *     *
Nah,itulah beberapa tips belajar yang bisa aku bagikan untuk kalian.Semoga bisa bermanfaat.Kalau kalian punya,tips belajar lain,jangan lupa sharing ya,dengan menuliskannya lewat kolom komentar di bawah.
:-)

Terimakasih sudah membaca.Sampai jumpa di artikelku berikutnya!

Bye.

Comments

Popular posts from this blog

Zenius: A Wonderful Learning Journey

My (Started) Gap Year With Zenius

Ketika Pertengkaran Terjadi,Pahami 2 Prinsip Ini Agar Tak 'Makan Hati'