Bersyukur



                                   

Sebenarnya kalau dipikir-pikir dan direnungkan lebih dalam,ada banyak hal yang patut disyukuri oleh kita  setiap hari.Kendati,hal tersebut menurut kita gak sesuai harapan.Meski menurut kita,hidup yang kita punya jauh dari kata sukses,bahagia,atau berlimpah.

Khususnya untuk kalian yang wanita,aku merekomendasikan untuk membaca buku Dr.Aidh Al-Qarni,yang berjudul "Tips Menjadi Wanita Paling Bahagia Di Dunia" .Disana dijelaskan kiat-kiat atau tips-tips,agar kita lebih bahagia dan mensyukuri hidup yang kita punya sekarang.Terlepas dari apapun kondisinya,kita berhak untuk bahagia.Dan salah satu kunci bahagia,adalah dengan bersyukur.

                                                     

Kalau kalian pikir,kalian adalah orang yamg paling sedih,paling malang di dunia,kalian salah! Ada ratusan,ribuan,bahkan jutaan orang yang merasa seperti itu.Kalian gak sendiri.

Seandainya,ada level atau tingkatan-tingkatan kesedihan di dunia ini,maka kesedihan kalian,gak di bawah-bawah amat.Karena akan selalu ada orang yang kesedihan atau kemalangannya di bawah kita.Karena kesedihan itu relatif,tergantung perspektif setiap individu.

Beberapa waktu lalu,aku nonton mata najwa,episode sidak di lapas sukamiskin.Banyak orang yang ditahan di sana karena bermacam-macam kasus dan tentunya lama tahanannya pun bervariasi.Mereka ada yang di tahan di satu ruangan satu orang,dengan kondisi ruangan yang sempit,gak ada ventilasi,kotor.Aku gak bisa membayangkan bila harus hidup di sana,untuk waktu yang lama... (Naudzubillahimindzalik..)

Kemarin pun,pas aku di rawat di rumah sakit,aku gak betah walau cuma 3 hari.Ini harus bertahun-tahun diem di suatu ruangan,gak ngelakuin apa-apa,gak ada hiburan,gak bisa ngelakuin apa yang kita mau.Kehilangan kontrol atas diri sendiri,atau dengan kata lain gak merdeka adalah siksaan batin.

Lalu aku merasa menjadi orang yang paling beruntung,karena tidak merasakan 'siksaan batin' itu.

Aku juga bersyukur telah berhasil menjaga diri dan kehormatan sampai detik ini.Aku bersyukur mempunyai keluarga dan teman-teman yang baik,lingkungan yang sehat,dan mendukung proses pertumbuhan serta perkembangan yang positif,baik fisik maupun psikis.

Aku pun bersyukur dilahirkan di Indonesia,di keluargaku yang sekarang.Bukan di negara yang liberal,atau di negara konflik.Meski,bukan berarti orang-orang yang mengalami hal-hal yang aku sebutkan tadi,bukan orang yang beruntung.Bukan itu.

Sekali lagi,ini hanya masalah mindset maupun sudut pandang.Boleh jadi,hal yang kubilang ketidakberuntungan tadi,justru merupakan suatu keberuntungan bagi mereka.Ujian kehidupan,yang akan semakin menguatkan dan mendewasakan mereka.

Intinya,syukuri setiap hal yang ada di hidupmu,mau itu baik atau buruk.Hadapi dengan penuh kesabaran,dan jadikan hal tersebut pelecut untuk meraih masa depan yang gemilang.Karena kita tidak tahu,apa maksud dan rencana Tuhan untuk kita.

(.)



Sumber Gambar:http://portal.bangkabaratkab.go.id/id/informasi/bersyukur

Comments

Popular posts from this blog

Zenius: A Wonderful Learning Journey

My (Started) Gap Year With Zenius

Ketika Pertengkaran Terjadi,Pahami 2 Prinsip Ini Agar Tak 'Makan Hati'