My New Daily Habit: Morning Pages


Setiap orang memiliki kebiasaannya masing-masing.Entah di sengaja,atau tidak.Entah disadari atau tidak,kebiasaan yang kita lakukan bisa berdampak pada perilaku maupun pola fikir kita ke depan.

Kebiasaan juga tidak harus selalu berupa tugas atau pekerjaan saja.Tapi juga bisa berupa sifat,atau pemikiran yang telah melekat dengan kuat dalam diri kita.Beruntunglah bagi orang-orang yang telah memiliki kebiasaan-kebiasaan baik dalam hidupnya.Tapi sebaliknya,termasuk orang-orang yang merugi yang memelihara kebiasaan yang jelek,dan tidak berusaha mengubahnya.

Dan,aku pun menyadari,bahwa diantara kebiasaan² yang kupunya,banyak sekali yang berdampak negatif atau tidak produktif.Sekarang,aku sedikit demi sedikit mulai mengubah kebiasaan burukku dengan membiasakan kebiasaan baru yang baik.

Yang salah satunya,akan aku ceritakan sekarang.Yaitu Morning Pages.Yup,lebihnya tepatnya menulis jurnal harian bernama Morning Pages.

Asal usul morning pages
Sebelumnya,aku mau menceritakan awal mula aku mengenal sistem jurnal harian bernama Morning Pages ini.Jadi,waktu itu aku sedang berselancar di Youtube.Video favoritku di Youtube adalah video seputar belajar,self-improvement,organizing tips,planning,insight,lifehacks,dan semacamnya.Lalu,aku pun akhirnya menemukan channel 'Lavendaire',yang nama asli creatornya adalah Aleen.

Dia sering membagikan kegiatannya,tips -tips untuk meningkatkan produktivitas,dan yang paling membuatku tertarik adalah sistem jurnalnya.Salah satu jurnalnya yaitu morning pages.

Morning pages ini pada dasarnya sama seperti jurnal biasa atau bisa dibilang seperti diary.Namun yang membedakannya adalah,waktu,jumlah halaman dan cara mengisinya.

Aku gak tau,morning pages ini umum kayak BuJo atau khusus(hanya dimiliki content creator tertentu).Tapi,aku taunya dari channel itu.

Untuk lebih jelasnya,kalian bisa lihat videonya:

                                            

Jadi,saat menulis morning pages ini kalian bisa mencurahkan semua yang ada di otak maupun perasaan kalian.Let it flow.Biarkan saja mengalir apa adanya.

Dan tidak sesuai namanya,morning pages,yang ngisinya berarti harus pagi hari,aku kadang-kadang ngisinya kalau ada waktu luang di hari itu aja.Bisa pagi,siang,atau malam.

Meskipun begitu,morning pages ini,ada 'aturannya',yaitu maksimal 3 pages dan minimal 1 page.Tulisannya pun tetap harus berkualitas atau self discovery.Intinya,tulisan itu membuat mindset kamu menjadi positif dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Contohnya nih aku mau ceritain bahwa aku baru aja berantem sama seseorang,misalnya.Aku gak harus nyeritain hal negatifnya,kayak 'Ihh...kok ada orang kayak gitu..","Ih sebell...",atau bahkan "F*ck!!" :D

Sebaliknya,aku bisa nyeritain lebih ke menganalisis akar permasalahan atau mencari penyebab aku dan orang itu bisa bertengkar.Sekaligus mencari solusi,agar kita gak bertengkar lagi.
Begitu...

So,mulai hari ini,post blog aku kebanyakan akan berasal dari morning pages itu tadi.Tapi,nanti akan ada yang lain kok.Jadi,stay tune terus ya..

Kalau ada yang belum jelas,kalian bisa tanya di kolom komentar,atau mau sharing sistem jurnaling yang kalian punya juga boleh.Oh,ya kalian bisa cek channel Lavendaire dan channel lain,kalau tertarik dengan kegiatan planning,organizing,education tips,dan lain-lain.



Bye

Comments

Popular posts from this blog

Zenius: A Wonderful Learning Journey

My (Started) Gap Year With Zenius

Ketika Pertengkaran Terjadi,Pahami 2 Prinsip Ini Agar Tak 'Makan Hati'